Mengenal Dashboard Login Guru Pembelajar Online

Fitur-Fitur pada Dashboard Akun Guru Pembelajar Online (GPO)

Nah, kan Bapak dan Ibu Guru sudah melakukan registrasi akun GPO (Guru Pembelajar Online) di sim.gurupembelajar.id kan? Baiklah jika sudah, marilah kita LOGIN ke akun masing-masing, dan taraaa! Tampilan dashboard dengan fitur-fitur baru yang lebih sudah mulai muncul di dashboard akun guru pembelajar kita masing-masing. Ayo kita kenali sama-sama dan lengkapi / edit data kita masing-masing untuk mempersiapkan diri mengikuti diklat moda daring dan daring kombinasi di portal guru pembelajar.

dengan mengenal fitur-fitur baru di dashboard saat login di akun guru pembelajar online (GPO) diharapkan guru semakin akrab dengan gurupembelajar.id
tampilan fitur baru hadir di dashboard akun Guru Pembelajar Online (GPO)

Gambar di atas menunjukkan halaman login di dashboard akun GPO (Guru Pembelajar Online) setiap guru. Tapi tentu saja tidak semuanya sama, misalnya data tentang raport UKG tahun 2015 masing-masing guru. Berikut adalah fitur-fitur pada dashboard baru akun GPO ini.
  1. Tab Menu dan Beranda. Tab ini belum begitu berfungsi saat ini karena memang diklat online guru pembelajar belum dimulai, baru pada tahap persiapan, seperti yang kita lakukan saat ini (hanya registrasi dan login). Pada tab Menu ini kita bisa menjumpai shortcut ke Agenda Mentoring, Riwayat Pelatihanku, dan Profilku. Tab Menu dan Beranda berada pada posisi paling atas dan berwarna biru.
  2. Fitur PENDAFTARAN DIKLAT GURU PEMBELAJAR MODA DARING. Pada fitur ini kita sekarang sudah bisa mendaftarkan diri. Caranya akan diuraikan pada bagian khusus di tulisan ini (di bawah).
  3. Fitur LENGKAPI DATA SELULER DAN EMAIL ANDA! Bagian ini sangat penting, karena itu segeralah melengkapi data yang diminta tersebut dengan mengisikan nomor handphone (hp) dan alamat email Bapak dan Ibu Guru (email di gmail atau yahoo, bukan email@guruku.id.)
  4. Fitur ucapan SELAMAT DATANG dari mantan mendikbud Bapak Anies Baswedan berupa video yang playable. 
  5. Fitur identitas anda yang sedang login, memuat NAMA, NOMOR PESERTA UKG, MAPEL (mata pelajaran), MAPEL JENJANG (TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK), dan email Bapak dan Ibu guru di @guruku.id
  6. Fitur KELOMPOK MODUL (KM) ANDA, yang dapat disebut pula sebagai raport UKG 2015, dalam bentuk batang berwarna hitam atau merah. Warna hitam menunjukkan bahwa pada modul terkait, anda telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan pada tahun 2015 lalu yaitu minimal 55. Jika berwarna merah, berarti masih belum memenuhi kriteria minimal dan harus diulang (mengikuti diklat guru pembelajar) untuk memperbaikinya. Dan ingat, tahun depan kriteria minimal dinaikkan menjadi 65. Jadi naik 10 poin. Dan pada fitur ini ada 10 batang yang menunjukkan nilai pada setiap modul yang berjumlah 10 buah itu (A sampai I).
  7. Fitur AGENDA MENTORING, fitur ini akan berfungsi jika anda diperbantukan atau ditunjuk sebagai mentor. Jika dibuka, maka kita akan bisa melihat Daftar Kelas, Lokasi dan Peserta tempat Anda bertugas sebagai Mentor yang akan diampu.
  8. Fitur  RIWAYAT PELATIHANKU, merupakan fitur yang akan menunjukkan Riwayat dan Hasil Penilaian Pelatihan Anda selama atau setelah mengikuti diklat GPO (Guru Pembelajar Online) ini.
  9. Fitur PROFILKU berisi Profil dan biodata Anda.


cara pendaftaran diklat moda daring dan melengkapi nomor handphone dan email
pendaftaran diklat moda daring dan melengkapi nomor handphone dan email

Fitur PENDAFTARAN DIKLAT GURU PEMBELAJAR MODA DARING

Untuk mendaftar secara online diklat guru pembelajar moda daring ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu:
  • punyai kemampuan dasar dalam penggunaan internet
  • memiliki peralatan yang dibutuhkan berupa komputer/PC/laptop/smartphone/perangkat mobile
  • tercatat aktif di komunitas GTK yaitu di KKG atau MGMP
  • telah ikut UKG 2015
Mungkin Bapak dan Ibu Guru akan bertanya-tanya, kenapa susah-susah mendaftar diklat moda daring. Jangan salah, ada keunggulan-keunggulan yang ditawarkan moda daring pada diklat Guru Pembelajar Online (GPO) ini, yaitu:
  • tidak perlu meninggalkan tugas mengajar di kelas
  • fleksibel karena Bapak dan Ibu Guru dapat belajar kapan saja dan dengan perangkat apa saja, mulai dari laptop, hingga perangkat mobile.
  • melatih kemandirian sebagai guru pembelajar
  • meningkatkan literasi dan penguasaan TIK (teknologi komunikasi dan informasi) 
  • memperoleh sertifikat resmi dari direktorat jenderal GTK Kemdikbud.


  • 4 syarat yang harus dipenuhi syarat mengikuti dilkat moda daring Guru Pembelajar Online (GPO)
    syarat mengikuti dilkat moda daring Guru Pembelajar

Nah, jika Bapak dan Ibu Guru dapat memenuhi syarat-syarat yang disebutkan di atas, maka dapat melanjutkan untuk mendaftar Diklat Guru Pembelajar Moda Daring ini.

Baiklah, sekarang kita akan mulai dengan cara mendaftar diklat guru pembelajar moda daring. Yuk ikuti langkah-langkahnya:
  • Pada fitur PENDAFTARAN DIKLAT GURU PEMBELAJAR MODA DARING, klik tombol hijau yang bertuliskan DAFTAR SEKARANG.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi pada bilah fitur itu tulisan kecil "Informasi Kelas Diklat akan muncul di dasbor ini, bilamana telah dijadwalkan oleh P4TK" di bawah tulisan PENDAFTARAN DIKLAT GURU PEMBELAJAR MODA DARING.

Fitur LENGKAPI DATA SELULER DAN EMAIL ANDA!

Selanjutnya, Bapak dan Ibu Guru dapat melengkapi data nomor handphone dan alamat email (bukan email di @guruku.id). Caranya:
  • Pada fitur LENGKAPI DATA SELULER DAN EMAIL ANDA! klik tombol berwarna hijau bertuliskan LENGKAPI SEKARANG.
  • Maka akan terbuka sebuah formulir dimana Bapak dan Ibu Guru dapat mengisikan nomor hp (handphone) dan alamat email tadi.
  • Selanjutnya klik tombol bertuliskan SIMPAN yang terdapat pada pojok kanan bawah formulir isian tadi.
Nah, setelah Bapak dan Ibu Guru melengkapi data di atas (email dan nomor hp), maka jika dicek di fitur PROFILKU, akan terbuka halaman baru dengan tampilan seperti ini:

contoh halaman PROFIL yang telah ditambahkan nomor hp (handphone) dan alamat email guru pembelajar online (GPO)
contoh halaman PROFIL yang telah ditambahkan nomor hp (handphone) dan alamat email

Demikian informasi terbaru mengenai perkembangan GPO (Guru Pembelajar Online) yang kegiatan diklatnya akan segera dimulai dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga:
Cara Login GPO (Guru Pembelajar Online)
Mengatasi Masalah Hilang Nomor UKG 2015 dan Gagal Registrasi Akun GPO
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...