Daftar Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016

Daftar Peserta dan Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016 Telah Dirilis

Ada kabar baik di pertengahan September ini bagi Bapak dan Ibu Guru. Apa itu? Yah, sertifikasi guru akan kembali digelar, untuk pola PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) tahun 2016. Sekarang pihak Kemdikbud telah merilis daftar calon peserta sertifikasi guru tahun 2016 ini di situs sergur.kemdiknas.go.id. Setiap guru yang memiliki NUPTK dapat mencek apakah namanya tercantung sebagai peserta sertifikasi guru pola PLGP ini, lengkap dengan nomor peserta sertifikasi guru dan tempat di LPTK mana ia akan menempuh PLPG tersebut. Bagi guru-guru yang berhasil lulus dalam program PLPG akan mengantongi sertifikat pendidik dan tentunya berhak mendapatkan tunjangan profesi (sertifikasi guru) jika telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Cara Cek Daftar Peserta Sertifikasi Guru Pola PLPG Tahun 2016

Sebenarnya daftar ini juga akan dirilis oleh Dinas pendidikan kabupaten/kota dalam waktu dekat karena LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) telah menyelesaikan verifikasi calon peserta sertifikasi guru tahun 2016. Hal ini tentu berkaitan dengan harus dicetaknya dokumen A1 atau formulir A1 yang nantinya akan diisi oleh calon peserta sertifikasi guru yang telah terpilih di tahun 2016 ini. Tetapi untuk mengobati rasa ingin tahu bapak dan ibu guru, maka kita akan menunjukkan bagaimana cara melihat apakah bapak dan ibu guru masuk dalam daftar peserta sertifikasi tahun 2016 ini atau tidak. Caranya mudah sekali kok, Bapak dan ibu cuma memerlukan data nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) saja. Yuk kita lihat caranya.
  • Buka halaman/website resmi sertifikasi guru kemdikbud di alamat http://sergur.kemdiknas.go.id/pub/index.php
  • Tampilannya akan tampak seperti gambar berikut.


  • langkah-langkah cara melihat daftar peserta sergur di halaman website resmi sertifikasi guru tahun 2016
    halaman website resmi sertifikasi guru tahun 2016


  • Klik tulisan biru pada baris kedua "Daftar Peserta atau Calon Peserta"
  • Akan terbuka halaman berikut untuk melihat apakah guru yang bersangkutan telah masuk dalam daftar peserta (calon peserta) sertifikasi guru tahun 2016.


  • daftar peserta sergur di halaman website resmi sertifikasi guru tahun 2016 2
    formulir isian NUPTK untuk cek daftar peserta sergur 2016


  • Isikan / ketik NUPTK bapak atau ibu guru pada kotak pencarian. Pastikan semua angka sudah benar.


  • daftar peserta sergur di halaman website resmi sertifikasi guru tahun 2016 3
    masukkan NUPTK


  • Klik tombol ENTER atau lambang kaca pembesar di sisi kanan kotak isian NUPTK.
    Jika bapak atau ibu guru masuk dalam daftar peserta atau calon peserta sertifikasi guru tahun 2016, maka akan muncul tampilan data bapak atau ibu guru seperti contoh berikut. Jika bapak atau ibu guru tidak termasuk dalam daftar tersebut, maka halaman seperti di bawah tidak akan muncul.

daftar peserta sergur di halaman website resmi sertifikasi guru tahun 2016 4
jika bapak ibu guru masuk dalam daftar peserta sertifikasi guru 2016, maka dapat melihat dokumen ini

  • Perhatikan data di atas, jika anda mengetik NUPTK dengan benar, maka data yang muncul adalah data anda sebagai peserta sertifikasi guru 2016 dengan pola PLPG. Di dalam daftar ini sudah tertera nomor peserta sertifikasi guru berikut LPTK tempat bapak dan ibu guru akan mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) tahun 2016.
  • Tidak semua guru berhak mengikuti sertifikasi guru tahun 2016 melalui jalur PLPG ini. Adapun  prioritas penetapan kuota adalah menurut hal-hal berikut : (1) TMT guru sebelum 31 Desember 2005; (2) TMT guru mulai 31 Desember 2005; (3) skor UKG 2015; (4) usia, dan (5) masa kerja. Kuota nasional tahun 2016 sebanyak 68,992 peserta dan 267 peserta dari SILN
Baca juga: Informasi Terbaru Sertifikasi Guru dan Wahana Belajar Mandiri Sertifikasi Guru Tahun 2016 di sertifikasiguru.id (pastikan anda mendaftar, dan ketahui langkah-langkahnya di tulisan ini).

Download Kisi-Kisi PLPG Sertifikasi Guru tahun 2016 lengkap semua Mapel Langsung dari Link dari Situs Kemdikbud
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...