Cara Update Data GTK di gtkedit.data.kemdikbud.go.id (Bag.2)

Cara Update Data GTK di gtkedit.data.kemdikbud.go.id (Bag.2)

Melanjutkan artikel tutorial sebelumnya tentang Cara Update Data GTK di http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id sebelumnya, di mana telah dibahas bagaimana cara mendaftar atau membuat akun GTK untuk proses mengedit dan validasi individu oleh masing-masing GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan), maka pada bagian yang kedua ini artikel tutorial kita akan membahas atau menunjukkan bagaimana melakukan proses login (masuk) dan logout serta mengedit data akun kita di portal resmi kemdikbud tersebut. Ayo disimak.

Setelah beberapa saat melakukan pendaftaran email (membuat akun) di http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id maka kita akan memperoleh memperoleh notifikasi atau yang paling mudah adalah melakukan pengecekan apakah akun (email) yang diajukan ke portak gtkedit.data.kemdikbud.go.id tersebut telah diapproval (diterima) oleh admin. Sebagaimana yang telah diinfokan pada tutorial bagian pertama itu, bahwa verifikasi dilakukan secara manual sehingga mungkin memerlukan waktu beberapa menit, jam, hari atau bahkan minggu. Tetapi syukur Alhamdulillah ternyata akun saya langsung diapprove admin selang beberapa saat saja dan ini memungkinkan saya untuk segera login dan melakukan pengeditan serta validasi individu data gtk saya di situs tersebut.

Lalu, bagaimana cara melakukan login pada gtkedit?(Ingat, login hanya dapat dilakukan bila kita sudah diterima/diapprove oleh admin gtk edit dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran akun gtk edit)
Berikut langkah-langkahnya:
  • Silakan Bapak/Ibu buka laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id
  • Akan terbuka portak gtk edit milik kemdikbud dengan tampilan seperti ini

tampilan awal laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id
tampilan awal laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id

  • Perhatikan gambar di atas. Silakan klik tombol biru TERIMA KASIH untuk melanjutkan proses login kita di gtk edit.
  • Selanjutnya akan terbuka halaman dengan tampilan seperti ini.
formulir untuk login, cek status akun, dan jika kita lupa password di gtkedit.data.kemdikbud.go.id
formulir untuk login di gtkedit.data.kemdikbud.go.id
  • Silakan Bapak dan Ibu GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk mengisi alamat email yang digunakan untuk membuat akun serta mengisikan password pada saat mendaftar sebelumnya.
  • Lalu klik tombol biru bertuliskan LOG IN seperti terlihat pada gambar di atas. Jika akun anda sudah direvieu dan dicek oleh admin, maka anda akan berhasil login. 
  • Jika anda berhasil login maka akan muncul tulisan berwarna hitam pada bagian bawah formulir tersebut: SELAMAT DATANG.....NAMA ANDA<<
  • Jika gagal login, anda dapat mengecek status akun anda dengan mengklik tulisan biru CEK STATUS AKUN yang ada di bawah tombol login yang nantinya akan meminta anda untuk memasukkan alamat email yang anda daftarkan untuk membuat akun. Oh ya, pada sisi kanan bawah form itu anda juga dapat mengklik tulisan LUPA PASSWORD jika nanti anda mengalami kelupaan password yang anda gunakan. Ini mungkin akan kita bahas pada tutorial berikutnya ya.
  • Nah, selanjutnya silakan klik tulisan SELAMAT DATANG berwarna hitam dengan cetak tebal seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Tunggu sekejap, maka akan muncul tampilan dashboard akun anda di http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id ini. Penampakan sisi kiri halaman dashboard anda akan seperti gambar di bawah ini.

    tampilan sisi kiri dashboard akun anda di gtkedit.data.kemdikbud.go.id setelah berhasil login
    tampilan sisi kiri dashboard akun anda di gtkedit.data.kemdikbud.go.id setelah berhasil login
  • Perhatikan dulu sisi sebelah kiri ini, karena banyak menu penting di sana.
  • Pada bagian atas, sedikit di bawah logo tut wuri handayani anda akan dapat melihat sebuah bulatan putih abu-abu dengan ikon orang. Ini nantinya adalah tempat anda melihat foto profil anda. Bulatan ini masih berwarna abu-abu putih karena kita belum melakukan upload pasfoto (kita akan bahas ini pada tutorial berikutnya ya).
  • Lalu pada bagian bawah bulatan tempat pasfoto/foto profil anda terdapat 2 baris tulisan berwarna hitam. Baris pertama bertuliskan nama anda sebagai pemilik akun gtkedit, dan baris kedua adalah alamat email yang anda gunakan untuk membuat akun di gtk edit data ini.
  • Di bagian bawah berderet-deret menu yang sangat penting yaitu Beranda, Dashboard GTK, Kemudian ada bagian DATA GTK meliputi:  Kondisi Kelengkapan Data, Data Master, Data Pendidikan Formal, Data Golongan/Kepangkatan, Data Jabatan Struktural, Data Jabatan Fungsional, dan Data Sertifikasi.
  • Sekarang perhatikan sisi kanan halaman. Pada sisi ini kita dapat melihat tempat mengupload foto profil atau FOTO PENGGUNA. Saat ini foto anda masih kosong sehingga penampakannya akan seperti gambar di bawah ini. Siapkan file foto berformat jpeg dengan ukuran secukupnya (jangan terlalu besar) agar mudah melakukan upload dan tidak melampaui batasan sistem. Untuk mengupload foto anda harus mengklik tombol biru di bawah gambar tersebut yang bertuliskan UPLOAD FOTO PENGGUNA.
bagian dashboard gtk edit data untuk tempat upload foto profil pengguna
bagian dashboard gtk edit data untuk tempat upload foto profil pengguna
  • Pada bagian tengah halaman dashboard anda akan menemukan informasi yang bertuliskan: SELAMAT DATANG DI http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id
    KEPADA PARA GTK
    MOHON KIRANYA UNTUK MELAKUKAN PENGECEKAN PADA DATA GTK SAUDARA/I MELIPUTI DATA PENDIDIKAN FORMAL SAMPAI DENGAN DATA PEKERJAAN. APABILA DATA TERSEBUT MASIH KOSONG DAPAT DIAMBIL DARI DAPODIK MELALUI MENU LIHAT DAPODIK YANG TERDAPAT PADA MASING-MASING ISIAN DATA. DAN APABILA KOSONG ATAU TERJADI KESALAHAN MOHON KIRANYA UNTUK DIPERBAIKI.
Ucapan Selamat Datang dan Informasi Awal tentang laman gtk edit ketika kita dalam posisi login
Ucapan Selamat Datang dan Informasi Awal tentang laman gtk edit ketika kita dalam posisi login
  • Jika ana mengklik tombol kecil menu drop down  pada sisi kanan sebelah tulisan alamat email anda maka akan muncul 2 menu, yaitu menu LOG OUT dan menu PROFIL PENGGUNA seperti tampilan di bawah ini. Jika belum lengkap silahkan untuk dilengkapi profil pengguna anda ini.
menu profil pengguna, silakan di lengkapi atau di edit pada gtk edit
menu profil pengguna, silakan di lengkapi atau di edit
Demikian tutorial Cara Update Data GTK di gtkedit.data.kemdikbud.go.id (Bag.2). Untuk informasi atau tutorial lainnya yang berkaitan akan segera kami tambahkan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...