Yuk Ikutan, Beasiswa Kuliah Di Jepang untuk Lulusan SMA

Jaman sekarang biaya kuliah memang mahal, apalagi jika ingin kuliah di perguruan tinggi yang bermutu. Tapi ada kok cara-cara yang dapat kita tempuh untuk memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu secara gratis, bahkan beasiswa hingga ke luar negeri. Salah satu contohnya adalah dengan berusaha memperoleh beasiswa dari Kedutaan Besar Jepang untuk Lulusan SMA dan sederajat di Jepang. Beasiswa ini diberikan oleh Kedutaan Besar Jepang untuk putra-putri Indonesia setiap tahun. Tentunya untuk mendapatkannya kamu harus terlebih dahulu mengikuti seleksi yang mereka adakan. Kalau kamu pernah mendengar istilah MONBUKAGAKUSHO atau MEXT, nah itulah dia beasiswa yang dimaksud dalam tulisan ini.

Ada 3 jenis beasiswa yang disediakan yaitu untuk tingkat S1 (strata 1/Universitas/Undergraduate/Gakubu), D3 (diploma 3/ College of Technology/Kousen), dan D2 (diploma 2/Specialized Training College/Senshu). Lokasi perkulian yang disediakan tentu saja di Jepang. Pemerintah Jepang memang sangat peduli dengan pendidikan, karena itulah beasiswa ini diberikan untuk putra-putri Indonesia yang berprestasi.
Pendaftaran beasiswa dari kedutaan besar Jepang (Monbukagakusho/mext)

Pendaftaran beasiswa dari kedutaan besar Jepang (Monbukagakusho/mext) ini dilakukan untuk tahun perkuliahan/akademik 2017 nanti. Pendaftaran saat ini telah dimulai. Tepatnya sejak tanggal 24 Mei 2016 lalu hingga nanti tanggal 9 Juni 2016. Harap dicatat bahwa tanggal dedaline pendaftaran tersebut (9 Juni 2016) bukan tanggal cap pos, tetapi tanggal dokumen persyaratan pendaftaran telah sampai di tangan panitia seleksi monbukagakusho.

Ada 3 jenis beasiswa yang disediakan yaitu untuk tingkat S1 (strata 1/Universitas/Undergraduate/Gakubu), D3 (diploma 3/ College of Technology/Kousen), dan D2 (diploma 2/Specialized Training College/Senshu). Lokasi perkulian yang disediakan tentu saja di Jepang. Pemerintah Jepang memang sangat peduli dengan pendidikan, karena itulah beasiswa ini diberikan untuk putra-putri Indonesia yang berprestasi. Tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa dari pemerintah Jepang ini.

Ada beberapa bidang studi yang dapat dipilih yaitu antara lain: (1) Personal Care and Nutrition; (2) Technology; (3) Business; (4) Education and Welfare; (5) Culture and General Education; (6) Fashion and Home Economics; (7) dan lainnya. Setiap putra-putri Indonesia yang berhasil lolos seleksi akan mendapatkan fasilitas di mana 100% biaya pendidikan/perkulian gratis; tiket pulang-pergi ekonomi (Indonesia - Jepang); tunjangan untuk biaya hidup minimal 117 Ribu Yen setiap bulannya.

Tertarik ikuta program beasiswa dari pemerintah/kedutaam besar Jepang untuk Indonesia ini? Silakan pelajari lebih mendalam persyaratan, tata cara pendaftaran, hingga proses selanjutnya dalam penyelenggaraan beasiswa ini di situs resminya Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Baca Juga:
Rekruitmen Guru untuk Mengajar di Sekolah Indonesia Luar Negeri 2016 
Daftar Yuk, Diklat Gratis Internasional dari SEAMEO QITEP In Science 2016
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...