Tujuan Penggunaan ICT di Dalam Pembelajaran

Tujuan Penggunaan ICT di Dalam Pembelajaran


Bapak dan Ibu Guru sudah menggunakan ICT (Information and Communication Technology) atau TIK di dalam pembelajaran? Kalau sudah, berarti Bapak dan Ibu Guru adalag guru yang OKE! Iya, memang seharusnya pada abad ke 21 ini guru sudah mengintegrasikan ICT atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di kelas. Jangan sampai kita menjadi guru yang ketinggalan. ICT atau TIK digunakan di dalam pembelajaran karena dapat mencapai beberapa tujuan yang sangat penting, yaitu:
  • Membangun kebiasaan Knowledge-Based Society (masyarakat berbasis pengetahuan).
  • Pengembangan keterampilan penggunaan ICT.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran.

3 tujuan penggunaan ICT (Information and Communication Technology) atau TIK dalam pembelajaran
ICT dan pembelajaran


Ketiganya akan coba kita uraikan dalam paparan berikut ini.

Membangun Kebiasaan Knowledge-Based Society (Masyarakat Berbasis Pengetahuan)

Tidak bisa dipungkiri, saat ini ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat. Beragam temuan-temuan baru di berbagi bidang menyeruak menggantikan teori-teori lama. Teknologi baru yang lebih maju muncul setiap hari. Semuanya bertujuan memudahkan kehidupan manusia. Arus informasi mengalir deras ke seluruh penjuru dunia dalam hitungan detik saja. Karena itu, setiap orang dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan dan mengembangkannya, kemudian mungkin membaginya untuk orang lain. Masyarakat maju mempunyai ciri sebagai masyarakat berbasis pengetahuan. Internet menjadi rujukan utama ketika suatu pertanyaan atau permasalahan muncul. Masyarakat yang berpikiran maju akan selalu menemukan informasi atau pengetahuan yang mereka butuhkan. Sekolah dengan guru dan siswa di dalamnya juga menjadi bagian dari masyarakat modern ini. Penggunaan ICT atau TIK di dalam pembelajaran akan menumbuhkan kebiasaan positif, bahwa segala sesuatu sebaiknya dilandasi oleh ilmu pengetahuan. Tidak lagi pada mitos atau legenda.

Pengembangan Keterampilan Penggunaan ICT

Saat guru menggunakan ICT atau TIK di dalam pembelajarannya maka secara otomatis, ia telah membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam menggunakan ICT. Keterampilan penggunaan ICT ini sangat penting untuk bekal kehidupan mereka, baik saat ini maupun nanti saat mereka telah terjun ke masyarakat sebagai manusia produktif. Guru yang tidak terampil dalam ICT dan tidak memanfaatkan ICT dalam pembelajarana di kelasnya akan membuat siswa asing terhadapbidang ini. Padahal saat ini ICT menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari.

Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Pembelajaran

Guru sebaiknya menggunakan ICT atau TIK dalam pembelajaran karena telah banyak terbukti ICT mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada proses belajar-mengajar di sekolah. Banyak materi-materi sulit dan abstrak ternyata menjadi lebih mudah ketika untuk mempelajarinya dibantu dengan penggunaan ICT. Banyak pembelajaran yang secara real sangat mahal menjadi lebih murah dan mudah dengan bantuan ICT. Jadi memanfaatkan ICT dengan baik pada saat pembelajaran tentu akan sangat berguna baik bagi guru karena mempermudah tugas dan pekerjaannya, maupun bagi siswa karena mempermudah mereka untuk memahami suatu pengetahuan atau materi pembelajaran yang diharapkan akan mereka kuasai.

Demikian beberapa tujuan dalam penggunaan ICT (TIK) dalam pembelajaran di sekolah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Kompetensi Guru Di Era Teknologi Informasi
Mengenal Moodle, Platform Gratis E-Learning
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...