Google Web Light, Layanan untuk Pembaca Web Saat Koneksi Lelet

Google Web Light, Layanan untuk Pembaca Web Saat Internet Lelet


Waktu mengamati dashboard blog ini, penasaran juga saya dibuatnya ketika mata saya tertuju pada data referreing site dan referring URL yang mengarahkan pengunjung ke http://novehasanah.blogspot.com. Tertulis ada situs dengan nama googleweblight.com telah mereferensikan blog ini ke pembaca dengan statistik yang lumayan besar.

googleweblight.com dan referring site
googleweblight.com memberikan traffic yang lumayan besar untuk blog ini
Baca juga:
Mengapa Blog Anda Harus Mobile Friendly?
Cara Menambahkan Blog Baru Anda Ke Google Analytics



Oleh rasa penasaran itu, mulailah saya mencari informasi tentang googleweblight.com. Ketika saya mencoba mengklik tautan google web light yang mereferensikan blog ini ke user, saya mendapati betapa halaman yang terbuka adalah halaman blog ini dengan tampilan yang sedikit disederhanakan. Akan tetapi tampilannya sangat mirip dengan tampilan ketika kita menggunakan perangkat mobile (Saat mengecek ini, saya menggunakan komputer/desktop). Semakin penasaran saya.

Setelah browsing dengan mengetikkan kata-kata googleweblight.com dengan beragam kombinasi, dan membuka halaman-halaman tersebut, pahamlah saya sekarang bahwa google web light memang milik google. Ternyata google web light adalah layanan terbaru dari google untuk para pembaca blog atau website yang menggunakan perangkat mobile android, di mana layanan ini akan muncul saat akses dan speed internet lelet. Googleweblight.com menjadi sarana pembantu yang disediakan google untuk web atau blog yang menjadi lambat di-loading ketika jaringan internet kurang mendukung, padahal informasi yang ada di dalam web atau blog itu cukup relevan dengan kebutuhan pembaca. Jadi secara simpulannya, google web light dari google ini akan mencoba memberikan hasil pencarian yang berkualitas untuk para user internet terutama pada jaringan 2G atau 3G. User akan diuntungkan dengan kemampuan kecepatan loading halaman blog atau web 4x lebih cepat, 80% hemat penggunaan data (jadi lebih irit dong!), dan tentu saja pengalaman pengguna (user experinence) yang lebih menyenangkan karena hasil pencarian google yang lebih akurat dan halaman yang lebih cepat tayang tanpa banyak waktu dihabiskan menunggu loading webpage atau blogpage selesai. Hey, jangan salah. Tak cuma buat android/iOS loh, googleweblight.com juga dapat kamu gunakan untuk laptop atau desktop komputer saat internet speednya lemot kayak siput.

googleweblight.com lebih cepat akses halaman blog
nah, tampaknya googleweblight.com ini menarik bukan?

Satu lagi yang mengejutkan tentang googleweblight.com, bahwa fasilitas ini sengaja diluncurkan pertama kali di Indonesia di mana pengguna android sangatlah besar (terbesar?). Setelah beberapa saat berjalan (lebih kurang 2 bulan sejak pertama kali dibuat), kini googleweblight.com juga akan diluncurkan di India dan Brazil (negara lainnya dengan pengguna android terbesar setelah Indonesia). Bangga juga ya, Indonesia dijadikan piloting pyoyek google ini dan ternyata sukses.

Oh ya, buat para webmaster dan blogger yang memonetisasi kontennya dengan program adsense google jangan khawatir. Ketika blog atau website diakses dengan fasilitas googleweblight.com untuk mempercepat loading, maka iklan akan tetap tayang dan hak hasil klik tetap sebagaimana saat web atau blog diakses tanpa melalui googleweblight.com. Jadi webmaster dan blogger juga sangat diuntungkan oleh adanya googleweblight.com ini. Blog atau webnya tetap muncul di android pengguna lengkap dengan fitur adsense, bahkan juga untuk double click publisher program. Google juga menjanjikan peningkatan 50% pageview bagi web atau blog yang relevan dengan kebutuhan user (pembaca).

Penasaran ingin lihat bagaimana tampilan blog atau webnya mastah melalui googleweblight.com? Mudah kok, ketikkan saja di adress bar alamat blog atau webnya mastah dengan sebelumnya menuliskan URL googleweblihgt. Format lengkapnya seperti ini, misalnya, anda mau lihat blog ini di android anda melalui googleweblight:

http://googleweblight.com?lite_url=http://novehasanah.blogspot.com

Nah, itulah informasi terbaru seputar dunia blogging dan android yang dapat saya berikan untuk para pembaca. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Mungkin Ini Cukup Menarik untuk Anda Baca:
Mengganti Logo Blog Blogger dengan Logo Anda Sendiri
Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy dan Disclaimer Blog
Cara Memperbaiki 404 Error, Page Not Found

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...