Bagaimana Cara Menjaga Agar Siswa Tetap Termotivasi Belajar?

Bagaimana Cara Menjaga Agar Siswa Tetap Termotivasi Belajar?

Menemukan siswa yang tidak termotivasi belajar di kelas kita bukan hal yang sulit. Hi..hi...hi... terutama di kelas saya sendiri. Selama ini saya selalu berusaha membuat mereka tetap fokus kepada pembelajaran. Beragam cara telah dicoba. Beberapa sukses untuk sebagian siswa, sebagian lagi tidak. Yah, memang setiap kelas punya dinamikanya sendiri-sendiri. Benarlah kata pepatah bahwa "mengajar itu separuhnya adalah seni", saya merasakan itu. Ada banyak kreativitas yang dibutuhkan untuk mengajar. Anda tentu tahu bahwa untuk mengajar juga diperlukan pengetahuan khusus tentang bagaimana mengajar yang baik. Secara gamblang kita menyebutnya pedagogik. Ilmu yang satu ini disebut juga psikologi pendidikan.
Nah, berdasarkan prinsip-prinsip pedagogik, memelihara dan memperbaiki motivasi siswa di kelas anda dapat dilakukan di antaranya dengan cara-cara berikut:

Mengenali setiap nama siswa

Siapa yang tidak ingin dikenali? Lalu bagaimana rasanya jika anda bertukar tempat sebagai siswa, lalu anda masuk ke dalam sebuah kelas yang di dalamnya sedang mengajar guru yang sama sekali tidak tahu siapa nama anda, dan bagaimana anda? Bisa dibayangkan bukan, betapa mengesalkannya guru itu. Nah, demikian juga siswa anda. Apabila anda tidak mengenali mereka atau selalu salah menyebut nama mereka dengan nama siswa lainnya karena anda tidak pernah bisa mengingatnya maka perasaan kesal kepada anda akan mendominasi pada siswa tersebut. Dijamin, ia tidak akan pernah termotivasi oleh pembelajaran anda. Jadi, penting sekali untuk mengenali setiap siswa yang menjadi tanggungjawab anda. Ini hanyalah hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin siswa anda selalu termotivasi pada kegiatan pembelajaran anda.
Bagaimana Cara Menjaga Agar Siswa Tetap Termotivasi Belajar?

Beri kesempatan untuk sukses

Bayangkan anda sedang diajak mendaki gunung, dan anda merasa yakin bahwa anda tidak punya kemampuan yang cukup untuk sampai di sana? Apa yang akan anda lakukan? Pasti anda akan menolak ajakan itu dan akan mencari kegiatan yang lain bukan? Begitu juga siswa, apabila guru memasang target (pencapaian tujuan pembelajaran) yang terlalu sulit untuk dapat diraih siswa, maka siswa tidak termotivasi untuk belajar. Toh mereka punya keyakinan bahwa bagaimanapun kerasnya mereka berusaha maka mereka tidak akan pernah berhasil dalam pembelajaran anda. Jadi buatlah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai masih dalam jangkauan siswa-siswa. Tidak terlalu sulit, tetapi juga tidak terlalu mudah.

Tunjukkan bahwa anda juga antusias

Percayakah anda bahwa energi positif dari seseorang dapat mengalir dan menular kepada orang lain yang ada di sekitarnya? Jika anda percaya maka sudah seharusnyalah anda akan bersikap antusias dalam kegiatan pembelajaran yang anda laksanakan. Tunjukkan wajah berseri-seri, penuh rasa ingin tahu, dan menampilkan kesan bahwa pembelajaran hari itu sangat menyenangkan. Buat mereka bersemangat dengan memulainya dari diri anda sendiri. Jadilah model bagi siswa anda. Ingat, guru adalah teladan, demikian pula dalam hal proses belajar.

Berikan penghargaan

Jangan ragu dan pelit dengan penghargaan. Siswa perlu mendapat pengakuan sebagaimana juga orang dewasa. Bila ia berhasil dan sukses mempelajari sesuatu hal, maka itu patut diberi penghargaan yang setimpal.

Sediakan pengalaman belajar yang bervariasi

Bosan. Itulah satu kata yang akan sering anda dengar apabila pembelajaran yang anda lakukan terlalu monoton. Buat variasi bagaimana anda mengajar dan bagaimana siswa belajar. Berbagai cara bisa dilakukan oleh guru untuk memberikan variasi. Anda bisa mulai dengan memvariasi metode mengajar, media pembelajaran, setting tempat duduk, tugas individual, kelompok, atau team work, hingga sumber belajar, dsb.

Nah, bagaimana pengalaman anda-Bapak/Ibu Guru sendiri agar motivasi belajar siswa tetap terpelihara? Adakah cara dan tips yang lain. Silakan berbagi di sini melalui kolom komentar di bawah. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...