4 Software Gratis untuk Membuat EPUB (Buku Digital)

4 Software Gratis untuk Membuat EPUB (Buku Digital)

Semua orang sudah pasti di jaman sekarang ini kenal betul dengan yang namanya buku digital. Nah, salah satu format yang lumrah dan umum digunakan adalah buku digital (ebook) berformat EPUB. Memang format EPUB banyak digunakan di mana-mana. Banyak penulis buku bebas berkreasi dengan mempublikasikan kemudian menjual buku digital mereka di berbagai situs macam Amazon yang memberikan kesempatan kepada para penulis untuk menjual ebooknya di sana. Anda tertarik ingin membuat buku digital juga? Simak dulu beberapa jenis software gratis yang banyak digunakan untuk membuat ebook (buku digital) berformat EPUB.  Ada 4 software gratisan yang dapat kita pakai yang saya ulas masing-masing di bawah ini, yaitu: Sigil, Calibre, ePUB To Go, dan eCub.

software gratis untuk membuat ebook berformat EPUB adalah buku digital yang berkembang pesat dewasa ini.
ebook berformat EPUB adalah buku digital yang berkembang pesat dewasa ini.

Sigil

Para pembuat ebook sudah banyak yang menggunakan Sigil. Ini adalah software yang berlisensi GPLv3 karena dikembangkan secara bersama-sama oleh para pengembang dan penggunanya. Kita dapat menggunakannya pada sistem operasi Windows ataupun Linux. Saya sendiri sudah mencoba menggunakan Sigil untuk membuat buku digital saya. (Catatan: nanti saya akan bagi bagaimana cara membuat buku digital berformat ePUB melalui artikel selanjutnya.). Asyiknya Sigil adalah kita bisa melihat bagaimana tampilan buku digital kita pada software (aplikasi) ini saat sedang membuatnya. Apa yang kita lihat itulah yang kita dapat (WYSIWYG: What You See Is What You Get). Pada software gratis ini kita bisa mengimpor file dari microsoft word, atau langsung menuliskan naskah pada aplikasi di bagian editor, menyesuaikan kode HTML dan mengedit bagian-bagian buku digital. Pokoknya komplit deh untuk menghasilkan buku digital yang berkualitas dan gak malu-maluin. Tersedia juga bantuan berupa manual atau tata cara penggunaan Sigil yang terhubung secara online ketika kita ingin membuat/mengedit buku tapi belum tahu bagaimana caranya. Anda juga boleh berkontribusi dalam pengembangan Sigil dengan membuat akun di GitHub.

Calibre

Sebagaimana Sigil, Calibre termasuk software gratis (free) yang sangat banyak digunakan untuk membuat buku digital berformat EPUB. Calibre dapat digunakan pada sistem operasi Windows maupun Linux. Calibre juga bermanfaat sebagai sistem yang membantu kita mengorganisir buku-buku digital yang kita koleksi. Platform Calibre sangat sederhana sehingga sangat user friendly. Tertarik mencoba menggunakan software pembuat buku digital ini? Ayo dicoba.

ePUB To Go

ePub To Go sebenarnya lebih pas kalau disebut situs konversi. Iya, penggunaannya sangat gampang untuk membuat sebuah buku digital berformat EPUB. Tetapi karena sifatnya adalah situs yang melakukan konversi online, tentu ada lebih banyak keterbatasannya. Tetapi untungnya sebagaimana disebutkan di atas, software ini termasuk ke dalam aplikasi gratis dan tidak ada proses download untuk hasil EPUB-nya jadi sangat mudah. Jika kita ingin membuat buku digital berformat EPUB dengan menggunakan ePUB To Go, maka kita tinggal mengupload sebuah file pdf ke situs ini untuk dikonversi.

eCub Creator

Saat ini sebenarnya software gratisan eCub masih dalam pengembangan. Beberapa bug mungkin masih muncul saat anda menggunakannya. Tapi tidak mengapa karena software ini cukup ampuh untuk membuat buku digital berformat EPUB dan juga MobiPocket. Pengembangnya adalah Julian Smart. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari software ini. Apakah nantinya software gratis ini juga akan sangat disukai para pembuat dan penerbit EPUB? Kita bisa menggunakan eCub Creator untuk membuat buku dari scratch, mendesain cover (sampul) buku, mengeksport konten ke audio file. Tak cuma format EPUB dan MobiPocket sebenarnya, eCub juga dapat membuat file berekstensi HTML dan TXT.

Nah itulah 4 software gratis yang dapat digunakan untuk membuat buku digital berformat EPUB. Sudah punya naskah buku untuk diterbitkan secara digital? Mengapa tak mencoba salah satu dari software di atas untuk itu. Selamat mencoba.

Baca Juga:
Cara Membuat Media Pembelajaran SD dari Kardus Bekas

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...