Di Mana Bisa Mendapatkan Informasi Data Neraca Pendidikan Daerah?

Jika anda seorang praktisi pendidikan, guru, kepala sekolah, ataupun masyarakat yang peduli dengan pendidikan dan ingin tahu data atau informasi mengenai Neraca Pendidikan Daerah tertentu, maka saat ini, Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) telah menyediakan sebuah sistem informasi berupa website yang memuat data neraca keuangan terkait bidang pendidikan tersebut, untuk setiap kabupaten kota yang ada di Indonesia.

Indeks Pembangunan Manusia (berdasarkan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah)  Dari seluruh total anggaran pendidikan nasional (Rp. 419,176 T) terdapat Rp. 267 T (63,7%) yang ditransfer ke daerah. Bagaimana Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat menambah anggaran pendidikan? Apa yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam mengurangi angka penduduk tuna aksara? Bagaimana langkah nyata Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk memastikan setiap anak bisa bersekolah hingga lulus sekolah menengah? Masih banyak guru yang belum berijazah S1/D4, apa terobosan Pemerintah Daerah dan guru sendiri? Melihat pendidikan dari beberapa aspek dan sudut pandang (Indikator dan Kajian, Potret Pendidikan, Sosial Budaya & Bahasa, dan Program Pembangunan) Sertifikasi pendidik bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan guru. Apa yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah agar tujuan itu dapat tercapai dengan segera/cepat? Secara umum hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) masih rendah. Apa langkah konkrit Pemerintah Daerah dan guru sendiri untuk meningkatkan kompetensinya? Bagaimana Pemerintah Daerah dan masyarakat menyediakan sarana prasarana pendidikan yang layak? Apa upaya Pemerintah Daerah dan sekolah untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional? Bagaimana Pemerintah Daerah, kepala sekolah, guru, orang tua dan masyarakat bekerja sama mempraktekkan dan membiasakan sifat jujur dan kalangan siswa dan lingkungannya? Bagaimana kita dapat terlibat secara aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini? emukan Informasi Sekolah di seluruh Indonesia profil, peta lokasi, dan perbandingan sekolah. Pemerintah dan masyarakat dapat memanfaatkan NPD untuk : Meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah untuk melaksanakan desentralisasi pendidikan. Menerapkan sistem pembiayaan pendidikan berbasis kinerja pada semua jenjang pemerintahan termasuk penerapan desentralisasi asimetris untuk bidang pendidikan. Mendorong pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Meningkatkan efektivitas pelaksanaan program pembangunan di bidang pendidikan. Meningkatkan kualitas dan ketersediaan data dan informasi pendidikan. Memperkuat ekosistem pendidikan melalui sinergi antara pemerintah, pelaku dan pegiat pendidikan, media, orang tua, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat.
tampilan halaman depan website Neraca Pendidikan Daerah dari Kemdikbud RI

Kunjungi saja website Neraca Pendidikan Daerah di alamat http://npd.data.kemdikbud.go.id/ Pada website ini kita akan menemukan informasi tersebut dengan sangat mudahnya. Jika kita mengamati data yang disajikan, maka kita akan dapat mengetahui seberapa besar alokasi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) pada tingkat provinsi hingga kabupaten/kota untuk bidang pendidikan. Tentu ini hal yang sangat bagus, sehingga setiap warga negara dan anggota masyarakat dapat mengetahui bagaimana neraca pendidikan (alokasi anggaran pendidikan) di daerah mereka berada.

Selain data mengenai alokasi APBD setiap propinsi dan kabupaten kota untuk bidang pendidikan secara umum, kita juga dapat memperoleh informasi berupa data kondisi sarana/prasarana dalam hal ini ruang kelas serta ruang penunjang yang tersedia di suatu daerah. Data mengenai rerata (rata-rata hasil UKG - Uji Kompetensi Guru) pada tingkat provinsi, hingga kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Begitupun tentunya data hasil Ujian Nasional (UN) hingga indeks integritas ujian nasional (IIUN) pada suatu provinsi/kabupaten/kota di Indonesia.

Pemerintah mempunyai harapan besar dengan dipublikasikan data-data di atas: (neraca pendidikan daerah dalam hal ini anggaran APBD untuk sektor pendidikan; kondisi sarpras dan penunjangnya; hasil UKG dan UN) maka akan semakin terbentuk kesadaran dan kepedulian untuk memajukan pendidikan di daerahnya masing-masing, selain tentunya sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. Data yang disajikan adalah mulai tahun 2016 ini. Jadi tentu saja kita tidak akan menemukan data-data tersebut untuk tahun 2015 ke bawah.

Selain keempat data yang telah disebutkan di atas tentu website Neraca Pendidikan Daerah ini juga memuat data lainnya seperti:
  • jumlah, kondisi, dan akreditasi satuan pendidikan
  • jumlah peserta didik dan guru sehingga dapat diberikan pula perbandingan atau rasio peserta siswa dengan guru
  • presentase jumlah penduduk yang buta huruf
  • Indeks Pembangunan Manusia (berdasarkan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah)

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...