Di kelas, siswa sudah seharusnya belajar melakukan presentasi. Biasanya presentasi dilakukan secara berkelompok ataupun secara perorangan. Keterampilan siswa melakukan presentasi seharusnya juga diberikan penilaian sehingga guru dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dengan memberikan umpan balik yang bermutu dalam proses pembelajaran.
Berikut ini saya berikan contoh rubrik penilaian presentasi siswa yang bisa digunakan untuk beberapa tingkatan kelas yang sesuai.
Download Rubrik Penilaian Presentasi Siswa
![]() |
Rubrik Penilaian Presentasi |
Kemampuan siswa melakukan presentasi dapat dilihat dari beragam aspek seperti:
- isi materi presentasi
- penyampaian
- gaya/penampilan
- media yang digunakan
- interaksi dengan audiens
- waktu yang dipergunakan
Aspek-aspek di atas dapat lagi dibagi menjadi sub-sub aspek seperti:
- isi materi presentasi, meliputi sub aspek
- penyampaian, meliputi sub aspek kelengkapan materi, kesesuaian dengan topik presentasi, serta didukung oleh fakta atau data yang benar.
- gaya/penampilan, meliputi sub aspek memiliki kepercayaan diri, melakukan kontak mata dengan audiens, suara jelas, dan menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan materi yang disampaikan.
- media yang digunakan, meliputi sub aspek media menarik minat audiens, jelas dan mendukung kejelasan untuk pemahaman paparan yang diberikan
- interaksi dengan audiens, meliputi sub aspek memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan audien, dan memiliki sikap terbuka terhadap pendapat audiens.
- waktu yang dipergunakan, meliputi sub aspek penggunaan waktu sesuai tidak kelebihan atau kekurangan waktu, tidak nampak terburu-buru, tidak bertele tele.
Bapak/ibu guru dapat menilai dari aspek lain yang mungkin dianggap penting selain yang disebutkan di atas.
Demikian, rubrik penilaian presentasi siswa, semoga bermanfaat.
No comments :
Post a Comment
Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.
Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.