Kincir angin yang dibuat dengan teknik melipat |
Pages
▼
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik
udang ini dibuat dari sebatang sedotan plastik |
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik
Sedotan plastik adalah barang yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Dan, prakarya atau kerajinan tangan dari bahan sedotan plastik ini banyak sekali ragamnya. Yang unik salah satunya adalah dapat dibuat bentuk udang. Bentuk udang dari sedotan plastik ini, kalau pembuatannya rapi, bisa menghasilkan udang tiruan dengan bentuk yang dapat dikatakan sangat mirip dengan udang asli. Jika anda tertarik untuk mencoba membuatnya sambil duduk-duduk santai bermain-main dengan sedotan, maka artikel yang dilengkapi dengan gambar-gambar per langkah ini mungkin dapat membantu.
Dinosaurus Dari Sedotan Plastik
prakarya dinosaurus dari sedotan plastik |
Ternyata sedotan plastik itu bisa dibuat jadi prakarya yang unik. Biasanya orang-orang membuat bunga dari barang sekali pakai ini. Setelah sebelumnya saya berusaha membuat udang, ikan, capung, dan belalang dari sedotan plastik. Kali ini saya mencoba membuatnya menjadi dinosaurus. Dari jenis apa mereka? Entahlah, mungkin Tyranosaurus rex atau yang terkenal sebagai T-rex dalam film-film macam Jurassic Park. Oh ya, selain itu saya juga mencoba membuat Pteranodon.
Cara Membuat Bintang Dari Sedotan Plastik
bintang segilima dari sedotan plastik |
Langkah-Langkah Pembuatan Bintang Segilima dari Sedotan Plastik Minuman
Sesuai janji saya pada tulisan Aneka Prakarya (Kerajinan Tangan) Dari Bahan Sedotan Plastik, maka kali ini saya akan memberikan tutorial atau langkah-langkah cara membuat bintang segilima dari sedotan palstik. Bentuk bintang segilima ini dapat kita jadikan bahan dekoratif untuk menghias jendela kaca di kamar atau jendela kelas. Bapak atau Ibu Guru dapat menjadikan ini sebagai salah satu alternatif pembuatan prakarya sederhana untuk anak SD dari bahan buatan atau limbah (sampah) setelah mereka minum softdrink atau jus buah.Baca juga Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Plastik lainnya dari link berikut:
Cara Membuat Kerajinan Tangan Bentuk Bintang Segitiga dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Kerajinan Tangan Bentuk Panah dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Kerajinan Tangan Bentuk Kubus Segitiga dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Kerajinan Tangan Bentuk Udang Mini dari Sedotan Plastik
Unik! Saya Buat Dinosaurus Mini ini dari Sedotan Plastik
Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik
udang dari sedotan plastik, so cute ya.. |
Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik
Tahukan sedotan plastik yang biasa dipakai untuk minum jus dan sejenisnya. Sepertinya, ia bukan lagi barang yang asing dalam keseharian kita. Saat makan di restoran hingga warung gorengan yang sekedar menjual tahu dan tempe atau pisang goreng, kita biasa mendapatinya hadir di dalam gelas minuman. Paling umum kita akan mendapatkannya kalau minum jus atau soft drink. Nah, pastinya sudah pada tau juga kalau barang sederhana ini juga sering dijadikan sebagai bahan prakarya atau kerajinan tangan oleh anak-anak sekolah. Waktu SD, saya pernah diajari guru membuat barang dekoratif dengan bermacam bentuk untuk hiasan gantung di jendela kelas. Ada beragam bentuk yang bisa dibuat, mulai dari bintang segitiga, bintang segilima, hati, ketupat, jajargenjang, panah, dsb. Selain itu saya juga pernah diajari cara membuat aneka bunga dari sedotan plastik ini.
Cara Membuat Kincir Angin Mini
kecil, tapi bagus kan kincir angin mininya.. |
Cara Membuat Kincir Angin Mini
Di penjual mainan anak keliling seringkali ditawarkan kincir angin berbahan plastik. Anak-anak pasti suka dan senang hati membelinya. Harganyapun cukup murah. Tetapi, ketika saya masih kecil mainan sesederhana itu tidak ada yang jual. Mungkin karena saya tinggal di desa. Jadi, pada waktu dulu, ayah saya mengajari saya membuat kincir angin dari kertas. Kali ini, sekedar mengenang memori masa kecil dulu, saya akan memberikan cara membuat kincir angin juga, tetapi berukuran kecil saja. Benda mungil ini kelihatan lebih unik karena ukurannya. Cara membuatnya sangat simpel sekali. Ayo kita ikuti.Cara Membuat Kelinci Kertas
kelinci kertas ini lucu juga ya? |
Cara Membuat Kelinci Kertas
Setelah beberapa waktu lalu kita papercraft seperti membuat kupu-kupu kertas, dan burung kertas dengan teknik quilling, maka kali ini saya mengajak anak-anak kita untuk kembali berkreasi untuk membuat papercraft yang lain. Kita akan membuat prakarya dari kertas bekas: Membuat Seekor Kelinci yang Lucu dengan teknik quilling.Seperti dua tutorial sederhana sebelumnya, teknik quilling atau menggulung kertas pada tutorial ini sangat sederhana. Ini memang dimaksudkan agar anak-anak mudah menirunya. Kelinci dari kertas ini dibuat dari siswa kertas HVS berwarna pink. Saya memberi latar berupa guntingan kertas bekas sampul berwarna hijau untuk padang rumputnya, dan kertas HVS putih sebagai langitnya. Oh ya, tentu saja anda dapat menggunakan kertas khusus untuk quilling yang dapat dibeli di toko-toko alat tulis yang memang jual quilling paper ini. Perhatikan, pada gambar di samping kita bahkan dapat mengatur beragam posisi tubuh kelinci kertas yang dibuat sesuai keinnginan kita. Tinggal sedikit daya kreativitas ditambahkan. Kelinci sedang duduk, sedang berlari, atau sedang melamun dapat dibuat dengan gulungan-gulungan kertas yang sederhana ini. Mau coba? Yuk disimak caranya.
Tips Merawat Buku
rawatlah buku-buku dengan baik |
Tips Merawat Buku
Anda pecinta buku dan secara khusus mengoleksinya? Sepertinya tips berikut ini akan cocok untuk anda. Kali ini saya akan membahas tips merawat buku. Meskipun kedengarannya sederhana, buku perlu dirawat dengan baik. buku yang tidak dirawat dengan baik akan lebih cepat rusak. Sayang sekali, soalnya buku itu kadang harganya mahal. Atau, bisa juga buku yang kita miliki itu merupakan koleksi langka, hadiah dari seseorang yang mempunyai arti penting bagi anda, atau sangat bermanfaat untuk anda atau orang lain di sekitar anda. Nah, sekarang marilah kita simak bagaimana tips merawat buku.Cara Menulis Resensi Buku
bagaimana cara menulis resensi buku? |
Cara Menulis Resensi Buku
Sebuah resensi buku yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang yang mungkin akan membaca atau membeli buku yang bersangkutan. Untuk menulis sebuah resensi yang baik, tentunya tidaklah asal-asalan. Beberapa langkah berikut dapat anda lakukan saat menulis sebuah resensi buku. Mari kita simak.
Tips Mencari Buku Di Perpustakaan
Anda kesulitan menemukan buku yang anda butuhkan? |
Tips Mencari Buku Di Perpustakaan
Dulu, semasa kuliah, saya pernah mencoba mencari sebuah buku untuk referensi karya tulis saya di sebuah perpustakaan yang sangat besar. Ada jutaan buku atau mungkin lebih di sana. Tapi tebak, apa yang terjadi? Saya pulang dengan tangan kosong. Tanpa sebuah buku pun saya pinjam.
Menemukan buku yang kita inginkan atau sangat kita perlukan di sebuah perpustakaan yang besar, bukanlah hal yang sulit. Ini tentu saja jika kita tahu bagaimana caranya. Pengalaman saya di atas menunjukkan bahwa untuk menemukan sebuah buku yang kita butuhkan di sebuah perpustakaan bagaikan mencari sebilah jarum di dalam tumpukan jerami. Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi cara atau tips untuk menemukan buku yang anda inginkan di sebuah perpustakaan besar yang punya begitu beragam dan banyak koleksi. Mari kita simak.
Sumber Inspirasi Menulis Blog
sudah dapat inspirasi menulis untuk hari ini? |
Sumber Inspirasi Menulis Blog
Beberapa waktu yang lalu di blog ini pernah diuraikan Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Menulis Artikel Blog. Sepertinya, tulisan ini belum memuat banyak. Karena itu kita akan tambahkan lagi dalam bentuk beberapa sumber inspirasi untuk menulis artikel blog. Menurut saya, tulisan ini lumayan penting untuk diulas, karena beberapa rekan blogger pemula sering berhenti menulis karena merasa kehabisan ide tulisan untuk artikelnya. Sebenarnya, ini tidak perlu terjadi karena ada banyak sumber inspirasi untuk menulis di sekitar kita. Nah, mari kita ulas satu per satu.Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
kupu-kupu kertas yang cantik |
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
Sudah lama ya, kita tidak membuat tulisan tentang prakarya untuk anak SD. Baiklah, kali ini kita akan belajar membuat sebuah papercraft berupa kupu-kupu kertas. Kita akan menggunakan teknik quiling (menggulung) kertas. Bahan yang digunakan tentu saja kertas bekas. Kita akan menggunakan kertas bekas sampul makalah.Oh ya, tentu saja jika anda ingin hasil yang lebih baik anda dapat membeli kertas khusus untuk papercraft quilling ini di toko-toko alat tulis atau kerajinan yang memang jual quilling paper.Perhatikan foto hasil papercraft di samping . Ada 3 ekor kupu-kupu kertas yang cantik yang sedang mendekati bunga liar di hamparan padang rumput. Warnanya ada yang merah, kuning, dan oranye. Lumayan bagus, kan? Tidak susah lho membuatnya, meskipun tidak menggunakan quilling paper. Hanya perlu waktu beberapa menit. Paling-paling 15 – 30 menit. Mau? Yuk kita simak caranya.
Cara Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa
kadang siswa malu bertanya karena takut dianggap bodoh |
Cara Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa
Pada suatu kegiatan pembelajaran, pertanyaan-pertanyaan yang terlontar sangatlah penting. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat datang dari guru itu sendiri maupun dari siswa. Sayang sekali, pada banyak kelas kita, kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan yang bermutu atau bahkan dalam kuantitas saja masih sangat terbatas. Tidak jarang kita melihat kelas yang sepi dari pertanyaan siswa. Padahal dengan bertanya, akan terbuka informasi-informasi baru dan dapat meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran.Penting pula ditekankan terbentuknya suasana kelas yang kondusif agar siswa tidak malu untuk bertanya, karena seringkali di kelas-kelas tertentu, jika seorang siswa mengemukakan pertanyaan yang sederhana, mereka ditertawakan oleh siswa lain- seakan-akan mereka adalah siswa yang bodoh.Lalu, jika kelas anda sepi dari pertanyaan siswa, apakah yang harus dilakukan? Tentu saja untuk mengatasi hal ini, guru perlu melatihkan keterampilan bertanya kepada siswa-siswanya. Di bawah ini akan diuraikan beberapa langkah yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam sesi-sesi pembelajaran di kelas. Mari kita simak.
Cara Menangani Konflik Antar Siswa
bagaimana jika di dalam kelas terjadi konflik antar siswa? |
Cara Menangani Konflik Antar Siswa
Dalam pergaulan siswa sehari-hari di dalam kelas, seringkali terjadi gesekan yang menyebabkan munculnya konflik antar mereka. Siswa dapat berkelahi dengan siswa lain karena beragam hal. Mulai dari masalah sepele hingga masalah yang rumit. Guru yang bijak harus dapat menyadari dan segera menyelesaikan konflik yang terjadi antar sesama siswa ini. Jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat berakibat buruk. Bukan tidak mungkin pada akhirnya akan terjadi masalah-masalah psikologis pada siswa atau terjadi perkelahian (kontak fisik) di antara mereka.Berikut ini, beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani konflik yang terjadi pada siswa. Sangat diharapkan bahwa pemecahan masalah atau penyelesaian konflik bermuara pada win-win solution. Mari kita simak.
Tips Menangani Keterlambatan Mengumpulkan Tugas
siswa anda sering terlambat mengumpulkan tugas? |
Tips Menangani Keterlambatan Siswa Dalam Mengumpulkan Tugas
Pada kegiatan pembelajaran di kelas, guru seringkali memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa. Tugas ini dapat bervariasi baik dalam hal pengerjaannya, apakah berkelompok atau individual. Tugas bisa juga bervariasi berdasarkan jenisnya, seperti PR (pekerjaan rumah), proyek, ataupun kegiatan eksperimen mandiri yang perlu dibuat laporannya, dan sebagainya. Salah satu masalah yang sering timbul dari tugas-tugas yang dikerjakan di rumah ini adalah adanya beberapa siswa atau kelompok siswa yang terlambat mengumpulkannya dari batas waktu yang telah ditentukan oleh guru. Bahkan, keterlambatan itu dapat terjadi berulang kali. Baik pada mata pelajaran yang sama untuk tugas yang berbeda, maupun untuk mata pelajaran dan guru yang berbeda.Oleh karena itu, perlu diperhatikan dalam memberikan tugas kepada siswa atau kelompok siswa beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab keterlambatan mereka dalam menyelesaikan dan mengumpulkannya kepada guru, seperti tingkat kesulitan tugas, perbedaan tingkat kemampuan setiap siswa, hingga waktu pengerjaan.
Berikut ini beberapa tips untuk menangani siswa atau kelompok siswa yang sering atau berkali-kali terlambat mengumpulkan tugas dari jadwal yang telah ditetapkan oleh guru sebagai batas akhir pengumpulannya. Mari kita simak.
Tips Menghadapi Kenakalan Siswa
bagaimana caranya menghadapi siswa nakal? |
Tips Menghadapi Siswa Nakal Di Kelas
Pernahkah anda mengeluhkan perilaku salah satu siswa di kelas anda karena kenakalan yang sering dilakukannya. Kenakalan dapat dilakukan oleh seorang siswa baik pada saat pembelajaran di kelas ataupun pada saat di luar kelas pada jam-jam sekolah, atau bahkan pada jam-jam di luar jam sekolah. Hal ini tentu merepotkan dan kadang agak “mengesalkan” bagi seorang guru. Ini hal yang wajar. Hanya saja, seorang guru yang baik akan berusaha sebaik-baiknya mengatasi kenakalan anak didiknya dengan efektif. Kenakalan yang terjadi di dalam kelas, di luar kelas, bahkan di luar jam-jam sekolah biasanya sangat mempengaruhi performa belajar mereka. Ini tentu buruk jika tidak segera ditangani. Beberapa tips berikut mungkin dapat dicoba untuk mengatasi perilaku menyimpang ini. Mari kita simak.
Membuat Rubrik Penilaian : Pertanyaan-Pertanyaan
mengembangkan sebuah rubrik penilaian itu sulit-sulit gampang |
Pertanyaan-Pertanyaan yang Penting untuk Dijawab Sebelum Membuat Sebuah Rubrik Penilaian
Sebelum membuat sebuah rubrik penilaian untuk menilai kinerja atau produk hasil belajar yang dihasilkan siswa, guru dapat mempersiapkan perencanaan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut agar ia mempunyai gambaran yang memadai tentang rubrik penilaian yang akan dikembangkannya. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah sebagai berikut:Komponen-Komponen Sebuah Rubrik Penilaian
Mengenal Bagian-Bagian Sebuah Rubrik Penilaian
Untuk dapat mengembangkan sebuah rubrik penilaian yang baik, seorang guru harus terlebih dulu mengetahui apa-apa saja komponen dari sebuah rubrik penilaian. Paling tidak ada 4 komponen yang menyusun sebuah rubrik penilaian, yaitu:- Deskripsi tugas
- Skala
- Dimensi
- Deskripsi dari dimensi
Deskripsi tugas/Tugas
Deskripsi tugas mengandung ‘performa’ yang harus dilakukan oleh siswa. Bentuk tugas dapat meminta siswa untuk menghasilkan sebuah produk akhir seperti laporan penelitian, laporan pengamatan, makalah, hasil studi kepustakaan, hingga produk seperti benda kerajinan, puisi, poster, gambar, dan sebagainya. Tugas bisa juga berbentuk kinerja melakukan sesuatu, seperti keaktifan dalam berdiskusi, suatu tingkah laku siswa yang diharapkan terjadi di saat pembelajaran, keterampilan menggunakan alat tertentu, kemampuan membaca puisi, keterampilan melakukan smash pada permainan bola voli, dan sebagainya.Membuat Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
tidak mudah membuat soal berpikir tingkat tinggi |
Cetakan (Template) untuk Membuat Soal yangMenguji Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Tidak gampang membuat soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). Padahal soal-soal semacam ini harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas yang diampunya. Saat ini, di Indonesia, siswa-siswa kita masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi ini. Salah satu penyebabnya karena guru belum biasa memberikan soal-soal semacam ini kepada mereka. Guru sendiripun harus memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk membuat soal-soal macam ini. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba memberikan sebuah cetakan (template) untuk membuat beragam soal-soal yang menantang karena mengedepankan penggunaan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Contoh Rubrik Penilaian Poster
contoh rubrik untuk melakukan penilaian poster yang dibuat siswa |
Contoh Rubrik Penilaian Poster
Pada beberapa mata pelajaran, guru seringkali memberikan tugas kelompok, tugas rumah (PR), tugas proyek, dan sebagainya dalam bentuk poster. Produk belajar siswa berupa poster tentunya harus dinilai secara obyektif. Untuk menghindarkan guru dari kemungkinan memberikan penilaian yang kurang adil, maka penilaian hasil belajar siswa dalam membuat poster dapat dilakukan dengan rubrik. Sebuah rubrik penilaian produk belajar seperti poster ini memerlukan penekanan pada aspek-aspek atau kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster. Aspek-aspek itu misalnya meliputi isi atau teks, desain, gambar, ketersampaian pesan.
Contoh Rubrik Penilaian Keterampilan Pidato
Rubrik Keterampilan Berpidato |
Contoh Rubrik Penilaian Keterampilan Pidato
Pada pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai siswa adalah berpidato. Penilaian keterampilan berpidato biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah rubrik lembar observasi. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba membuat sebuah rubrik dengan skala penilaian 1 – 4 untuk menilai keterampilan siswa berpidato pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Rubrik penilaian pidato ini dibuat dengan memperhatikan unsur-unsur penting pada saat seseorang sedang berpidato, antara lain:
- Kesiapan
- Kejelasan
- Isi pidato
- Volume suara
- Posisi tubuh dan kontak pandang
- Jeda
- Waktu/durasi
- Selain itu pada rubrik ini juga akan ditambahkan kepedulian dalam mendengarkan pidato teman sekelasnya.
Tips Melaksanakan Proses Pembelajaran Efektif
tips melaksanakan proses pembelajaran efektif |
Tips Melaksanakan Proses Pembelajaran Efektif
Ketika seorang guru melaksanakan proses pembelajaran di kelasnya, perlu diperhatikan beberapa hal yang akan mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan karena proses pembelajaran tanpa memperhatikan hal-hal ini akan menjadi kurang efektif. Ini tentu berdampak buruk pada pengajaran yang dilakukan guru dan juga belajar siswa. Keduanya dirugikan secara langsung, walaupun mungkin tanpa disadari. Bayangkan berapa banyak tenaga, pikiran, dan alokasi waktu yang terbuang? Bahkan tidak menutup kemungkinan akan adanya kerugian secara finansial, karena sebuah proses pembelajaran juga mempunyai cost yang harus dibayar. Beberapa hal yang dimaksud di sini adalah bagaimana guru melakukan presentasi materi ajar, bertanya, memberikan bantuan pada siswa, menyiapkan praktik, melakukan transisi pembelajaran, hingga memanajemen dan mendisiplinkan kelas.
Tulisan ini juga berkaitan erat dengan tulisan beberapa waktu yaitu tentang perencanaan pembelajaran meliputi: Penyusunan Rencana Pembelajaran, Apa Manfaat Perencanaan Pembelajaran?, dan Perlukah Memperbaiki Program Perencanaan Pembelajaran yang Telah Disusun?
Baiklah, untuk mengupas tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran ini, kita akan melakukannya dalam bentuk tips-tips singkat agar lebih mudah dicerna. Mari kita simak.